Materi Pertemuan 12
1. DASAR-DASAR PENGUJIAN PL
• Pengujian perangkat lunak adalah proses menjalankan dan mengevaluasi sebuah PL secara manual maupun otomatis untuk menguji apakah PL sudah memenuhi persyaratan atau belum, atau untuk menentukan perbedaan antara hasil yang diharapkan dengan hasil sebenarnya.
• Pengujian bertujuan untuk mencari kesalahan.
• Pengujian yang baik adalah pengujian yang memiliki kemungkinan besar dalam menemukan kesalahan sebanyak mungkin dengan usaha sekecil mungkin
A. Tujuan Pengujian
a. Menilai apakah perangkat lunak yang dikembangkan telah memenuhi kebutuhan pemakai.
b. Menilai apakah tahap pengembangan perangkat lunak telah sesuai dengan metodologi yang digunakan. c. Membuat dokumentasi hasil pengujian yang menginformasikan kesesuaian perangkat lunak yang diuji dengan spesifikasi yang telah ditentukan.
B. Testability
Testability adalah kemampuan PL untuk dapat diuji artinya seberapa mudah sebuah program komputer untuk bisa diuji.
Karakteristik testability PL:
a. Kemampuan untuk bisa dioperasikan (operability)
b. Kemampuan untuk bisa diobservasi (observability)
c. Kemampuan untuk dapat dikontrol (controllability)
d. Kemampuan untuk dapat disusun (decomposability)
e. Kesederhanaan (simplicity) f. Stabilitas (stability)
g. Kemampuan untuk dapat dipahami (understandability)
C. Karakteristik Pengujian
a. Pengujian yang baik memiliki probabilitas tinggi untuk menemukan kesalahan
b. Pengujian yang baik tidak berulang-ulang, waktu dan sumber daya pengujian terbatas
c. Pengujian terbaik harus menjadi “bibit terbaik” yaitu pengujian yang memiliki kemungkinan tertinggi dalam mengungkap seluruh kelas kesalahan
d. Pengujian yang baik tidak terlalu sederhana atau tidak terlalu rumit
2. PENGUJIAN WHITE BOX
• Disebut juga pengujian kotak kaca (glass box testing).
• Merupakan sebuah filosofi perancangan test case yang menggunakan struktur kontrol.
• Test case pada white box:
a. Menjamin bahwa semua jalur independen di dalam modul telah dieksekusi sedikitnya satu kali
b. Melaksanakan semua keputusan logis pada sisi benar dan salah
c. Melaksanakan semua perulangan (loop) yang memenuhi semua batas operasional
d. Melakukan struktur data internal untuk memastikan kebenarannya
A. Pengujian Jalur Dasar (Basis Path Testing)
• Adalah teknik pengujian yang memungkinkan perancangan test case untuk menurunkan ukuran kompleksitas logis dari suatu rancangan prosedural dan menggunakan ukuran ini sebagai pedoman untuk menentukan rangkaian dasar jalur eksekusi.
• Test case diturunkan untuk menguji rangkaian dasar yang dijamin untuk mengeksekusi setiap pernyataan dalam program, setidaknya satu kali selama pengujian.
• Menggambarkan arus kontrol logis dengan menggunakan Notasi Grafik Alir (Flow Graph)
a. Notasi Grafik Alir (Flow Graph)
• Adalah notasi sederhana untuk merepresentasikan aliran kontrol logis.
• Lingkaran mewakili pernyataan kode program
• Notasi flow graph seperti gambar di bawah ini
Untuk menggambarkan flow graph, dengan merepresentasikan perancangan prosedural seperti gambar berikut:
b. Notasi Flow Graph (Lanjutan)
• Lingkaran menunjukkan simpul (node), merupakan satu atau lebih pernyataan-pernyataan prosedural
• Panah menunjukkan edge atau link, merupakan aliran kendali
• Area yang dibatasi oleh edge dan node disebut region.
• Flow graph menjadi rumit ketika adanya kondisi gabungan pada saat satu atau operator boolean ada dalam pernyataan bersyarat.
• Node yang berisi kondisi disebut node predikat dan ditandai oleh dua atau lebih edge yang berasal dari node tersebut.
3. PENGUJIAN BLACK BOX
• Disebut juga pengujian perilaku.
• Pengujian black box memungkinkan untuk membuat beberapa kumpulan kondisi input yang akan melakukan semua kebutuhan fungsional untuk program.
• Kategori kesalahan pada pengujian black box:
a. Fungsi yang salah atau hilang
b. Kesalahan antarmuka
c. Kesalahan struktur data atau akses basis data eksternal
d. Kesalahan perilaku atau kinerja
e. Kesalahan inisialisasi dan penghentian
1. Metode Pengujian Berbasis Grafik
Langkah-langkah pengujian:
• Memahami objek-objek yang dimodelkan dalam PL dan penghubung yang menghubungkan objek-objek tersebut
• Menentukan serangkaian pengujian yang memastikan bahwa semua objek memiliki hubungan satu sama lain seperti yang diharapkan
Metode Pengujian Berbasis Grafik Metode Pengujian Berbasis Grafik (Lanjutan)
• Node direpresentasikan sebagai lingkaran.
• Hubungan direpresentasikan dengan anak panah
• Hubungan satu arah (directed link) bahwa hubungan bergerak hanya satu arah.
• Hubungan dua arah atau hubungan simetris (bidirection link) bahwa hubungan berlaku dua arah.
• Hubungan paralel digunakan ketika ada sejumlah hubungan yang berbeda yang dibangun di antara nodenode grafik.
2. Partisi Kesetaraan (Equivalence Partitioning)
• Adalah metode pengujian black box yang membagi daerah input program ke dalam kelas-kelas data dari test case yang dapat diturunkan.
• Sebuah kelas kesetaraan merepresentasikan keadaan valid atau tidak valid dari kondisi input.
• Contoh: kesalahan terhadap semua data karakter yang mungkin mengharuskan banyak test case sebelum kesalahan umum teramati
4. Pengujian Larik Ortogonal
• Dapat diterapkan untuk masalah-masalah dimana input domain relatif kecil tapi terlalu besar untuk mengakomodasi pengujian yang lengkap.
• Bermanfaat dalam menemukan kesalahan yang terkait
dengan logika yang salah dalam komponen PL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar